KRITERIA CALEG BERMASALAH

November 27, 2008

KRITERIA CALEG/POLITIKUS BUSUK

I. Definisi Politikus Busuk

1. Koruptor

Koruptor adalah setiap orang yang secara sendiri atau bersama-sama karena jabatan dan kekuasaannya melakukan penyalahgunaan wewenang dan melanggar hukum  sehingga menyebabkan adanya kerugian negara dan masyarakat, baik dari sisi anggaran negara maupun kebijakan yang menguntungkan pribadi ataupun kroni.

2. Penjahat HAM

Penjahat HAM adalah seorang pejabat publik yang secara sendiri atau bersama-sama yang melakukan tindakan pelanggaran hak asasi manusia, yaitu  tindakan-tindakan—baik secara langsung maupun tidak langsung—yang membatasi, mengurangi maupun melanggar hak-hak dan kebebasan dasar manusia yaitu hak untuk hidup, hak bebas dari penyiksaan dan penghukuman serta perlakuan lain yang tidak manusiawi, hak atas integritas fisik (bebas dari penangkapan/penahanan sewenang-wenang), hak atas rasa aman, kebebasan berpendapat, berkumpul dan berekspresi, hak untuk tidak dianggap bersalah sebelum ada putusan pengadilan, dan hak untuk mendapatkan peradilan yang fair.

3. Penjahat Lingkungan

Penjahat Lingkungan adalah seorang yang secara sendiri atau bersama-sama melakukan tindakan perampasan atau penghilangan  hak atas lingkungan hidup dan  sumber-sumber kehidupan rakyat yang dilakukan secara  langsung   melalui pengaruh, kekutan modal, kekuatan politik dan kekuasaan (posisi-jabatan)  didalam suatu badan usaha/pemerintahan atau TNI – POLRI  yang menimbulkan dan/atau mengakibatkan  pengrusakan atau pemusnahan secara terus menerus lingkungan hidup dan sumber-sumber kehidupan rakyat (ecocide).

4. Pelaku Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak

Pelaku kekerasan terhadap perempuan adalah seseorang yang secara sendiri atau bersama-sama melakukan kekerasan fisik dan atau mental di dalam lingkup domestik (rumah tangga) maupun lingkup publik yang melingkupi kekerasan seksual, kekerasan ekonomi, terlibat dalam  perdagangan perempuan dan anak, mengeluarkan serta membuat kebijakan publik yang menimbulkan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

5. Pelaku Kejahatan Narkoba

Pelaku tindak pidana narkoba adalah seseorang yang secara sendiri atau bersama-sama melakukan pengedaran atau penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang yang bertentangan dengan ketentuan hukum, melindungi praktek tersebut serta memodali bisnis narkoba.

II. Kriteria Operasinonal Politikus Busuk

1. Kriteria Operasional Korupsi

a)      Melakukan tindakan memperkaya diri sendiri atau kelompok/kroni dengan  melawan hukum.

b)       Mencuri uang rakyat untuk memperkaya diri sendiri atau kelompoknya dengan menggunakan kekuasaannya sebagai pejabat negara

c)       Membuat kebijakan publik yang menyebabkan mahalnya pelayanan kepada masyarakat dan distorsi ekonomi

d)       Tidak dapat mempertanggungjawabkan jumlah kekayaannya secara wajar

2. Kriteria Operasional Pelanggaran HAM

a)       Mereka yang bertanggung jawab langsung terhadap pelanggaran hak asasi manusia (melakukan penangkapan, penahanan sewenang-wenang, penyiksaan,  penculikan, dan eksekusi di luar hukum).

b)       Mereka yang menggunakan kekuasaannya untuk menghambat penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM.

c)       Mereka yang menggunakan kekuasaan yang mereka miliki untuk menciptakan pelanggaran HAM baru (memerintahkan untuk melakukan melakukan penangkapan, penahanan sewenang-wenang, penyiksaan,  penculikan, dan eksekusi di luar hukum).

d)       Mereka yang tidak memiliki kemauan kuat untuk mencegah terjadinya pelanggaran HAM dan menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM di masa lalu. (melarang/menghambat  hak berekspresi dan berpendapat, melakukan pembiaran terhadap terjadinya pelanggaran HAM seperti; Penggusuran, PHK massal, buruh migran, dan pemenuhan atas hak-hak  dasar; Pendidikan, kesehatan air minum dan lain sebagainya).

3. Kriteria Operasional Pelanggaran Lingkungan Hidup

a)       Terlibat langsung dalam tindak pengrusakan lingkungan dan penghilangan hak rakyat.

b)       Terlibat pada pembuatan kebijakan yang merusak lingkungan dan penghilangan hak rakyat.

c)       Melakukan tindakan pembiaran dan kebohongan publik terhadap pengrusakan lingkungan hidup dan penghilangan hak rakyat.

d)       Terlibat dalam perusahaan-perusahaan perusak lingkungan penghilangan hak rakyat.

e)       Memberikan dukungan kepada instansi atau perusahaan untuk melakukan atau memberi dampak pada pengrusakan lingkungan penghilangan hak rakyat.

4.  Kriteria Operasional Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak

a)       Terlibat dalam kekerasan rumah tangga

b)       Melakukan tindak kekerasan Seksual

c)       Melakukan Kekerasan Ekonomi terhadap perempuan

d)       Terlibat dalam perdagangan perempuan dan/atau anak.

e)       Memproduksi serta membuat kebijakan publik yang menimbulkan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

5. Kriteria Operasional Pelanggaran Narkoba

a)       Menggunakan Narkoba dengan melanggar hukum.

b)       Menjual dan/atau mengedarkan Narkoba

c)       Memodali bisnis Narkoba

d)       Dengan kekuasaan yang dimiliki melindungi bisnis Narkoba dan atau menghambat proses hukum terhadap    kasus Narkoba.

Posko Pengaduan caleg/politikus busuk juga menerima pengaduan atas dugaan ijasah palsu dan pelanggaran pidana umum lainnya yang dilakukan caleg/politikus busuk.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: